Belajar HTML (Dasar)

Belajar HTML (Dasar) - Hallo sahabat CnT | Kreatif dan Trik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Belajar HTML (Dasar), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Belajar HTML, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Belajar HTML (Dasar)
link : Belajar HTML (Dasar)

Baca juga


Belajar HTML (Dasar)

  
Pengertian HTML

   HTML adalah kepanjangan dari Hypertext Markup Language Disebut Hypertext dikarnakan, di dalam HTML kita dapat membuat suatu text lebih berguna contohnya: membuat text biasa menjadi sebuah link yang dapat kita gunakan untuk berpindah dari satu situs ke situs lainnya dalam satu waktu.

   Disebut Markup Karna pada HTML kita akan sering menggunakan tag untuk menandai suatu text, contohnya: untuk membuat suatu text paragraf kita harus menggunakan tag <p> dan diakhiri tag </p>Jika sobat ingin melihat contoh dari code HTML yang ada pada Blog ini sobat bisa Klik Kanan, lalu pilih "View Page Sourch".



   HTML merupakan bahasa dasar dari pembuatan suatu website, dasar disini berarti masih ada bahasa pemrograman lain yang harus dikuasai untuk membuat satu website seperti CSS,Javascript dan juga PHP untuk pemdukung. Pada saat ini HTML sudah berupa HTML5 yaitu Upgrade terbaru dari HTML, sebelum masuk era HTML5, dahulu HTML dikenal dengan nama eHTML yang kepanjangan dari eXtensible Hypertext Markup Language. Sebelum kita belajar lebih jauh tentang HTML lebih baik sobat mengenal terlebih dahulu tentang Browser dengan Klik Disini.

   Setelah sobat membaca artikel tentang web browser sekarang sobat sudah siap untuk mulai belajar, kita mulai dari memilih aplikasi Editor.

Mari memilih aplikasi Editor

   Pada saat ini sudah sangat banyak ditemui aplikasi editor script dari yang berbayar hingga yang gratis, aplikasi editor digunakan untuk mempermudah kita dalam membuat suatu script, HTML sendiri sebenarnya hanya kata-kata sederhana yang di masukan kedalam tag-tag tertentu.

   Bagi sobat yang baru mempelajari dunia pemrograman saya sarankan sobat memnggunakan aplikasi yang gratis saja contohnya Notepad++, Pada notepad ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan Notepad biasa namun perbedaannya ada pada fitur yang lebih lengkap, jika sobat ingin mendownload Notepad++ sobat bisa langsung Klik DisiniDisini sobat akan medapat v7.3.2 yang merupakan versi terbaru dari Notepad++.

   Dan jika sobat dirasa sudah berpengalaman sobat bisa menggunakan aplikasi dengan fitur yang lebih lengkap yaitu Adobe Dreamweaver, aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding dengan Notepad++. Untuk selanjutnya kita akan mulai mempelajari HTML.

Pengertian Tag, Elemen dan Atribut HTML

1. Tag pada HTML

   Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa HTML adala sebuah bahasa Markup, hampir semua tag pada HTML di tulis secara berpasangan yaitu Tag pembuka dan Tag penutup, yang pada dasarnya objek atau kata yang akan dikenakan perintah akan dihampit diantara tag pembuka dan tag penutup, penulisan tag berada diantara dua Kurung Siku "<" dan ">", Contohnya seperti code dibawah:

     <Tag pembuka> Objek berada disini </Tag penutup>

   Dari code diatas dapat diketahui bahwa pada tag penutup akan disertai tanda garis miring"/", sedangkan tag pembuka tidak. Contoh untuk membuat tag paragraf adalah sebagai berikut :

     <p> Ini merupakan sebuah paragraf </p>

   Dari code diatas kita bisa tau bahwa tag <p> merupaka tag pembuka, dan </p> merupakan tag penutup. sebagai contoh lain jika sobat ingin menulis sebuah paragraf dengan menggunakan ItalicBlod atau bercetak miring dan bercetak tebal, maka sobat akan menulisnya dengan tag berikut:

     <p> ini adalah sebuah paragraf <i> yang bercetak miring </i>
  dan ini <b> yang bercetak tebal </b></p>

   Maka browser akan menerjemahkan menjadi seperti di bawah ini:

     "ini adalah sebuah paragraf yang bercetak miring dan ini yang bercetak tebal"

   jika sobat perhatikan pada tag <i> akan menghasilkan perintah bercetak miring <Italic> sedangkan <b> akan  menghasilkan perintah bercetak tebal <Bold>.

" Terdapat beberapa tag yang tidak memilikipasangan contohnya <br> (Break) pindah garis dan juga <hr> tag seperi ini biasanya dikatankanself closing tag atau void tag "
   HTML tidak bersifat sensitif dalam artian penulisan <p> akan dianggap sama dengan <P>, pada awal kemunculan HTML programmer lebih sering menggunakan huruf besar pada penulisan tag, namun pada era HTML5 saat ini para programmer lebih sering menggunakan huruf kecil. Jadi terserah sobat mau pake suruf kecil atau besar, semua dianggap sama.

2. Elemen pada HTML

   Elemen pada HTML merupakan tag yang berada dantara tag pembuka dan tag penutup, dalam artian huruf yang berada di dalam tag. contohnya:

     <p> paragraf ini berisikan sebuah </p>

   Disini dapat kita ketahui bahwa yang merupakan sebuah tag adalah </p> dan yang merupakan Elemen adalah "p" itu sendiri, tidak jarang juga istilah Tag disamakan denganElemen.

3. Atribut pada HTML

   Atribut merupakan sebuah informasi tambahan yang diberikan kepada tag. Informasi ini bisa berupa perintah warna teks, besar-kecil teks, dll. setiap atribut biasanya memiliki pasangan nama dan nilai (Value), dan biasa ditulis dengan Name="value". Value biasanya diapit dengan tanda kutip dua (") atapun satu ('). berikut contohnya :

     <a href="http://www.sharing-ilmu.club">ini adalah sebuah link</a>

   Dari contoh diatas kita bisa tau bahwa href="http://www.sharing-ilmu.club merupakan atribut herf merupakan nama dari atribut dan http://www.galihputra.net merupakanvalue dari atribut tersebut.

Pengertian Web Browser

   Jika kita membahas tentang HTML kita tidak akan pergi jauh dari Web Browser. pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai web browser, disini saya akan membahas sedikit saja. Web Browser adalah aplikasi yang digunakan untuk menjalankan suatu Search Engine, dalam kasus ini web browser bisa digunakan untuk menjalankan Kode HTML.

Unutuk lebih lengkapnya sobat bisa ke artikel berikut. Klik Disini 

Mari Menjalankan HTML

   Jika sobat sudah dapat memahami cara membuat HTML kini kita akan menjalankan kode HTML yang sudah sobat buat. pertama buka HTML editor sobat, disini saya menggunakan Notepad++

~2. Buat Kode HTML sobat

~3. Jika sudah klik File >> Save As


~4. Klik pada bagian Save As Type dan pilih Hyper Text Markup Language


~5. Cari File yang sudah sobat Save dan jalankan..


Demikianlah Artikel Belajar HTML (Dasar)

Sekianlah artikel Belajar HTML (Dasar) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar HTML (Dasar) dengan alamat link https://creatrik.blogspot.com/2017/11/belajar-html-dasar_2.html